Nikah Muda..? Siapkah?

 Assalamualaikum wr.wb

Susungguhnya saya tidak begitu mengerti soal ini,tapi tulisan ini ada request dari pembaca tersayang saya dan temen-temen saya yang pengen Nikah Muda.
Jadi ada ketertarikan ingin membahas sedikit lebih dalam  ๐Ÿ˜€

NIKAH ?
1 kata yang penuh makna bukan?
Terdengar singkat,simple.
Sebenarnya apa sih nikah itu?
Apakah cuma karna saling cinta,tukeran cicin,pesta mewah ?


Nikah menurut bahasa berarti menghimpun atau mengumpulkan. Pengertian nikah menurut istilah adalah suatu ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim sebagai suami istri dengan tujuan membina suatu rumah tangga yang bahagia berdasarkan tuntunan Allah Swt


Itu adalah pengertian nikah yang saya temukan di salah satu sumber...
jadi saya menyimpulkan bahwa nikah itu adalah bersatunya dua makhluk ciptaan Allah ikhwan dan akhwat sebagai suami istri dengan tujuan membina kehidupan bersama serta menjalankan salah satu perintah Allah.


Hukum menikah dalam islam adalah sunah muakad, tetapi bisa berubah sesuai dengan kondisi dan niat seseorang. Jika seseorang menikah dengan diniatkan sebagai usaha untuk menjauhi dari perzinahan, hukumnya sunah.


Apakah menikah itu penting?

Tentu,karna sudah jelas Allah memerintahkan umatnya tentang pernikahan yaitu :"Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir". (Q.S. Ar-Rum, 30:21)Jadi sudah jelas bahwa menikah itu penting,terutama untuk menjauhkan zina.Karna Allah sangat melarang tentang perzinaan.

Lalu bagaimana dengan nikah muda??
 
Nikah muda menurut saya tidklah masalah,jika suami dan istri memang sudah mampu menjalankan kehidupan rumah tangga,baik secara jasmani maupun rohani.
justru dengan menikah muda kita inshallah akan terjauhkan dari zina, karna kita tahu bahwa perzinaan banyak terhadi di umur muda.
tapi menurut saya perlu diingat terutama untuk akhwat,karna saya seorang akhwat,
bahwa menikah kita harus siap menghadapi segala hal ya g akan terjadi setelah menikah,karna kita sebagai ibu rumah tangga yang akan menghendel rumah dan membimbung anak anak kita,serta menjadi sandaran bagi suami kita. 
Jadi kita memang harus bisa menyiapakan segala hal mulai dari jsmani kita,hingga rohani kita.

lalu bagaimana dengan pendidikan kita?
Jika kita serius dengan pendidikan dan pernikahan kita serta bisa menyeumbangkan antara keduanya,inshallah tidak akan ada masala menikah sambil kuliah.
namun jika kita belum mampu menyeimbangkannnya,pilihlah satu dari itu . Fokus kuliah dulu lalu menikah, atau menijah dan fokus kuliah?
pilihan itu semua ada di akhwat semua.
jangan sampai ada yang berat sebelah. Karna jika berat sebelah maka akan susah untuk dijalankan,ibarat kaki. Jika 1 berat maka kaki yg 1 lagi akan terasa berat juga.Sehingga yang terjadi,kita susah untuk menjalankannya.

dan satu lagi ,menikah muda takut rezekinya gak ada?
Inshallah,setelah kita bersama hal yang berat bisa terlewati,jangankan masalah rezeki,masalah lain pun akan terlewati jika kita yakim bahwa Allah selalu bersama kita  ๐Ÿ˜Š

tapi perlu diingat juga sahabat,kita menikah jangan lupa restu dari orang tua kita, jika Orang tua tak merestui, berati Allah belum merestui. Jadi sebelum kita menikah di usia muda perlu banyak hal yabg kita persiapkan.
karna kehidupan setelah menikah pasti berbeda dengan sebelum menikah.

jadi apakah anda siap menikah muda?
jawabannya ada di diri kita masing masing.

Mohon maaf jika terdapat kesalahan. Karna saya menulis ini dengan sedikit pengetahuan yang Allah berikan dan tulisan ini hanya berdasarkan khayalan dan argumen saya.karna sejatinya saya adalah seorang muslimah yang masih sendiri,dan menuggu pangeran syurga yang akan membawa saya kesurga   ๐Ÿ˜

Wassalam
w  

  
   

Komentar

  1. Wa'alaikumsallam .. Syukron admin...๐Ÿ˜Š
    #SalamSahabat๐Ÿ˜˜๐ŸŒท

    BalasHapus
  2. wa'alaikummussalam. cieee udah mikir nikah ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PSIKOTES seleksi Mandiri FK

LKS MANDIRI b.indonsia Erlangga kelas xii kurikulum 213 bab 5

Esai Poligami